Selamat Datang Di Blognya Kang Sumardi>>Salam Silaturahmi untuk Kalian Semua....Mau Teks Berjalan seperti ini ? Klik

BLOG GADO-GADO




Apa kesan kalian ketika pertama kali membaca judul tulisan ini?
Kalian tahu ? Apa itu gado-gado?


Gado-gado adalah salah satu makanan yang berasal dari Indonesia yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu kacang atau saus dari kacang tanah dan yang dihaluskan disertai irisan telur dan pada umumnya banyak yang menambahkan kentang rebus yang sudah dihaluskan untuk saus gado gado kentang rebus dimasak bersamaan dengan bumbu kacang kemudian di atasnya ditaburi bawang goreng. Sedikit emping goreng atau kerupuk (ada juga yang memakai kerupuk udang) juga ditambahkan. Lah... kok akang malah cerita gado-gado ya?  Padahal akang mau cerita tentang blog yang akang punya,hehe...

Lalu apa hubungan nya dengan gado-gado?

Kalau ditanya apa hububunannya blog akang dengan gado-gado.  Ya,  mungkin karena blog akang ini berisi berbagai macam tulisan.  Karena mulai dari tulisan tentang cinta, galau sampai tulisan yang sifatnya informatif ada di sini,hehe... 

Terus tulisan akang ini masuk genre apa, fiksi atau non-fiksi ?
Kalau akang amati tulisan akang ini genrenya termasuk   non fiksi.  Alasannya adalah karena tulisan akang ini bersifat Opini, Informatif dan sebagian dari tulisan akang juga berisi kisah nyata. Mari kita lihat sampel tulisan akang di bawah ini : 


1. KITAB KAMASUTRANYA PARA SANTRI
2. KITAB RUJUKAN BAGI SANTRI YANG SIAP NIKAH
3. INGIN SEPERTI PAK HABIBIE
4. CARA MEMASANG WIDGET FANS PAGE FACEBOOK DI BLOG
5. MENCARI SOLUSI MELALUI BUKU
6. Cara Membuat Tulisan Berjalan di Blog

7. Cara Membuat Tab Menu Bar dengan Mudah di Blogger
8. MENUMBUHKAN PERCAYA DIRI
9. GALAU ITU ADALAH PENYAKIT, BAGAIMANA CARA MENGHILANGKAN DAN MENGOBATINYA ?
10MEMAHAMI CINTA

Cara akang  mengetahui tulisan akang ini masuk genre fiksi atau non-fiksi adalah dengan mengetahui terlebih dahulu definisi dari keduanya dan apa saja yang menjadi perbedaan diantara keduanya :


Fiksi

Tulisan fiksi merupakan tulisan yang berisi cerita, sifatnya imajinatif. Tidak membutuhkan pengamatan dalam pembuatannya dan tidak tidak perlu dipertanggungjawabkan, karena ide ceritanya berasal dari khayalan atau imajinasi penulis. Bahasa yang digunakan biasanya bahasa kiasan atau konotatif. Jadi, pembaca diajak untuk masuk ke dalam cerita itu dengan bahasa yang tidak biasa. Yang termasuk tulisan fiksi diantaranya cerpen, nopel, puisi, drama, dongeng, mitos, fabel, hikayat, komik dan sebagainya. 

Non Fiksi

Tulisan non fiksi merupakan tulisan yang berisi kejadian sebenarnya dan bersifat informatif. Dalam tulisan nonfiksi, membutuhan pengamatan dan data dalam pembuatannya, sehingga dapat dipertanggungjawabkan isinya. Bahasa yang digunakan biasanya bahasa denotatif atau bahasa sebenarnya, jadi pembaca dapat langsung memahami maksud dari isi tulisan. Tulisan nonfiksi dibuat berdasarkan pengamatan dan data maka isi dari tulisan tersebut harus memiliki fakta-fakta. Oleh karena  itu, tulisan nonfiksi sering dijadikan sumber informasi oleh para pembaca. Yang termasuk  tulisan non fiksi diantara laporan ilmiyah (skripsi,disertasi, tesis) buku pelajaran, artikel, opini, pidato dan sebagainya.

setelah akang fahami definisi dari tulisan fiksi dan non fiksi barulah akang teliti satu persatu tulisan akang, ternyata dari sepuluh tulisan akang di atas terbagi menjadi dua kategori yaitu opini dan artikel tutorial  yang bersifat informatif.

Kategori  Opini

Opini adalah sebuah artikel di mana penulisnya mengekspresikan pendapat pribadi mereka tentang masalah tertentu. Tulisan akang  yang termasuk opini diantaranya : 
Dari keempat tulisan akang ini isinya adalah tentang ekspresi atau pendapat pribadi akang. Adapun tujuan dari tulisan-tulisan tersebut diatas adalah untuk memberikan motivasi kepada para pembaca berdasarkan kepada pengalaman, pengetahuan dan argument yang dikemas dengan sederhana agar dapat diterima pembaca dan mudah dipahami oleh berbagai kalangan. Menurut akang tulisan-tulisan akang di atas termasuk genre non fiksi dengan alasan-alasan yang telah akang sebutkan di atas. 

Kategori Artikel Tutorial 


Artikel merupakan suatu karangan faktual yang disajikan pada pembaca dan ditujukan untuk dipublikasikan, baik itu dipublikasikan di koran, buletin, majalah, situs online, dan lain sebagainya.Tujuan dari penulis artikel sendiri sebenarnya untuk memberi informasi pada pembaca. Informasi yang disajikan bermacam-macam, bisa fakta, pendapat, tutorial, review, ataupun ajakan. sebagian tulisan akang termasuk kategori ini lebih tepatnya termasuk kategori Artikel Tutorial karena dari artikel -artikel ini berisi tentang tutorial atau cara melakukan hal tertentu. Diantara tulisan-tulisan akang yang termasuk ketogiri Tutorial diantaranya : 
Tulisan ini adalah sebuah informasi  tentang sebuah kitab. yang bahasannya adalah seputar pernikahan, rumah tangga, sex dan segala sesuatu yang ada hubungannya dengan masalah suami istri.  Kitab ini  sering dikaji di pesantren dan menjadi bahan rujukan para santri. Al hasil tulisan ini termasuk kategori artikel. Nama kitab ini adalah Qurutl Uyyun buah karya Syaikh Muhammad Al Tahami bin Madani yang ditulis sebagai uraian penjelasan bagi karya Syaikh Qasim bin Ahmad bin Musa bin Yamun. tulisan ini mirip seperti resensi buku.  Namun, didalam tulisan ini saya tidak begitu banyak mengulas tentang buku / kitab yang disebutkan tadi. Akan tetapi lebih ke sebuah informasi bahwa kazanah islam telah mewariskan banyak karya termasuk buku atau kitab tentang berbagai bidang limu salah satunya yaitu tentang sex. Kita sebagai muslim harus bangga dengan kazanah-kazanah Islam yang ada yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita. Dari ulasan di atas maka bisa kita simpulkan jika tulisan saya ini termasuk tulisan non fiksi karena bersifat informatif. 
Isi tulisan ini hampir sama dengan tulisan sebelumnya di atas yaitu tentang sebuah kitab yang bahasannya adalah seputar rumah tangga, sex dan rahasia kebahagiaan suami istri. Namun, kitab yang diceritakan berbeda dengan kitab yang diceritakan di tulisan sebelumnya.  tulisan ini juga termasuk genre non fiksi karena bersifat informatif. 
Tiga tulisan akang tentang tutorial blog ini termasuk kategori non fiksi karena  bersifat informatif.Tulisan ini adalah ibarat sebuah panduan atau trik khsususnya mengenai blogger. Sangat jelas sekali bahwa tulisan ini termasuk genre non fiksi. 

KESIMPULAN 

Tulisan-tulisan akang di blog ini berisi berbagai opini sebagai ekspresi dari pendapat akang baik itu bersifat Objektif maupun Subjektif. Sebagian diantaranya adalah Artikel yang bersifat Informatif dan Tutorial yang bersifat Faktual. Kesimpualannya tulisan akang ini termasuk genre non fiksi dengan alasan-alasan dan ciri-ciri tulisan yang telah dipaparkan di atas. Bagi kalian yang telah membaca artikel-artikel akang,  Akang Sumardi minta kritik dan sarannya agar tulisan akang lebih baik untuk kedepannya.  


Terima Kasih.....


Post a Comment

11 Comments

  1. dan tatantanganpun terjawabkan. selamat selamat Kang . hehhe

    ReplyDelete
  2. Tantangan kedua telah ditaklukkan. Mantabz jiwa, Masya Allah

    ReplyDelete
  3. gado-gado rasa opini ya kang ... lanjuut

    ReplyDelete
  4. Huaaa keren ini blognya udah oke banget lah kak sumardi mah Terbak terbaik terbaik

    ReplyDelete
  5. yuli kira bakal auto laper eeeh taunya baper da tantangan nya udah.. selamat2 kang

    btw, yuli ceingukan nih, siapa yang ngmusiiik y? pdahal gk buka yutub,,, eeh eng ing eng taunya blog nya yang keren... kreeeen deeeh

    ReplyDelete
  6. yuli kira bakal auto laper eeeh taunya baper da tantangan nya udah.. selamat2 kang

    btw, yuli ceingukan nih, siapa yang ngmusiiik y? pdahal gk buka yutub,,, eeh eng ing eng taunya blog nya yang keren... kreeeen deeeh

    ReplyDelete