Selamat Datang Di Blognya Kang Sumardi>>Salam Silaturahmi untuk Kalian Semua....Mau Teks Berjalan seperti ini ? Klik

Buku Rekomendasi Untuk Para Pendakwah






Judul Asli Buku                 : Al Qudwatul Hasanah Fi Manhaji Ad-Da'wati Ilallah
Penulis                                : Prof. DR. As-syayyid Muhamad Bin Alwi Al-Maliki Al-Hasani
Judul edisi Indonesia          : Teladan Terbaik Dalam Berdakwah
Penerjemah                         : Qism Nasyroh Hai'ah Ash-Shofwah Al-Malikiyyah
Penerbit                              : Hai'ah Ash-Shofwah Al-Malikiyyah
Tahun Terbit                        : Cetakan kedua, November 2016 / Shafar 1438 H


Sebuah buku yang berjudul  "Al Qudwatul Hasanah Fi Manhaji Ad-Da'wati Ilallah"  yang ditulis oleh Prof. DR. As-syayyid Muhamad Bin Alwi Al-Maliki Al-Hasani,  membahas tuntas tentang teladan  terbaik dalam metode dakwah serta keurgensianya kembali kepada Sirah Nabawiyah (Sejarah Nabi). 

Seperti kita ketahui berdakwah mengajak kejalan Allah adalah sebuah kewajiban bagi seluruh kaum Muslimin.Namun, dakwah itu hendaklah dilakukan sesuai dengan tuntunan serta apa yang telah di ajarakan oleh Rosulullah SAW beserta para sahabatnya. Untuk mengetahui   bagaimana dakwah yang diajarkan oleh Rosulullah adalah dengan membaca kembali Sirah Nabawiyah. Sehingga kita dapat meneladani metode dakwah Rosulullah dan Para Sabahat Nabi.

Menurut saya buku ini cocok untuk dibaca serta dimiliki oleh para pendakwah. Buku ini ibarat sebuah buku saku dan panduan untuk berdakwah. Penulis dalam  buku ini mengemukakan tiga prinsip dasar dakwah yang bersumber dari Sirah (sejarah) Nabawiyah  dan Sirah para Sahabat Nabi. Tiga prinsip itu, Petama, "Muqodimah"  yang merupakan permulaan yang baik untuk mempersiapkan berbagai perangkat dakwah dan membangun koko pondasinya.  Kedua, "Bab" (Pintu masuk), yaitu keiklasan dalam berdakwah. Ketiga, "Amal Jad" (Kerja Keras), yaitu usaha dan kerja keras yang sempurna dan total untu mendidik jiwa. Buku ini sangat tipis,  hanya memuat 65 halaman saja di dalamnya terdapat sepuluh sub judul  diantaranya :

  • Teladan Terbaik dalam Metode Dakwah, Keurgensian Kembali kepada Sirah Nabawiyah.
  • Mempersiapkan Dakwah dan Menyediakan Perangkat-perangkatnya.
  • Iklas Sebagai Penunjuk Utama Jalan Dakwah
  • Mujahadah dengan Mendidik Jiwa
  • Mujahadah dengan Mendidik Jiwa Agar Memiliki Kesabaran, Keteguhan Hati dan Tetap Melanjutkan Perjalanan Dakwah
  • Mujahadah dengan Mendidik Jiwa Agar Kembali Kepada Allah
  • Mujahadah dengan Mendidik Jiwa Agar Berhias Diri dengan Penampilan Seorang Teladan
  • Mujahadah dengan Mengorbankan Jiwa
  • Ajakan untuk Hijrah
  • Mujahadah dengan Mendidik Jiwa Agar Bersifat dermawan dan Rela Berinfaq.

Jika kita lihat,  buku ini  terbagi menjadi tiga bagian. Seperti  apa yang telah digambarkan oleh penulis yaitu tentang tiga prinsip berdakwah. 

Bagian pertama yaitu pembahasan tentang sebuah prinsip dakwah yang disebut dengan Muqodimah (Pengantar/Permulaan), bagian ini terdapat pada sub judul 1 dan 2.  Yaitu tentang perangkat-perangkat  yang harus dipersiapkan oleh para pendakwah sebelum mengawali dakwahnya, seperti halnya Nabi Muhamad yang mempersiapkan perangkat dakwah dalam setiap fase dakwahnya.



Bagian kedua  buku ini memberikan sebuah gambaran tentang niat dalam berdakwah, di dalamnya penulis juga memuat hadist-hadist nabi serta ayat-ayat suci Al Qur'an yang berkaitan dengan niat. Pada bagian  ini penulis menjelaskan tentang prinsip kedua  yang disebut oleh penulis sebagai Bab (Pintu).Bagian kedua ini terdapat pada sub judul 3.  Di akhir bagian ini penulis mengatakan : 
" Setiap pembenah atau pembaharu di medan dakwah yang menjauhkan dirinya dari metode keiklasan ini, justru menjauhkannya dari kesuksesan, menjadi sulit diterima masyarakat dan tidak membawa kebahagiaan."
Bagian ketiga dari buku ini terdapat pada sub judul 4 sampai dengan 10 yaitu tentang Mujahadah. Pada bagian ini penulis menjelaskan tentang prinsip ketiga dalam berdakwah yaitu "Amal Jad" (Kerja Keras), di bagian ini kita akan disuguhkan dengan nasihat-nasihat serta tips untuk melatih kesungguhan dan mendidik jiwa. 

Bagi kalian yang akan terjun ke dunia dakwah,  saya sangat merekomendasikan buku ini sebagai panduan dalam menjalankan dakwah.  


Wallahu A'lam

Catatan : 
Untuk Biografi Prof. DR. As-syayyid Muhamad Bin Alwi Al-Maliki Al-Hasani bisa dibaca melalui Wikipedia






Post a Comment

0 Comments